Monday, June 26, 2017

Anak Sendiri Tidak Kenal, Akhirnya Pria Tua Ini Malah Melamar Anaknya

Indera7.Com - Seorang lelaki berusia 80 tahun yang sudah punya 12 istri, rupanya masih belum puas dan masih mau menambah lagi. Parahnya, 12 istrinya itu sudah punya 100 anak.


Dikutip dari liputan6, petani bernama Togbui Asilenu ini tinggal di Ghana Timur. Pria ini tak hanya viral karena pernikahannya, tapi dia hampir saja menikahi putrinya sendiri. Bagaimana tidak? Perempuan yang dilamarnya itu ternyata anak kandungnya sendiri.



Pada hari ayah yang jatuh beberapa hari lalu, seluruh istri dan anak-anak Togbui secara bersama-sama mendatangi rumahnya. Semua istrinya dinikahi secara sah, pernikahan poligami. Mereka semua tampak kompak tak ada keributan sama sekali.


Pria renta ini sampai hari ini masih terus ingin menambah jumlah istri dan anak. Padahal usia 80 tahun mestinya usia yang sudah tidak produktif. "Jika saya mendapatkan wanita hari ini, saya akan langsung menikahinya dan memiliki lebih banyak anak, " katanya.


Kepada media lokal petani yang tampak masih fit ini mengaku, dirinya tidak impoten. Ia masih mampu menjadi ayah yang baik untuk anak-anaknya. Namun dia mengaku jika dirinya sangat payah dalam memingat, terutama engingat wajah dan nama dari anak-anaknya yang jumlahnya sampai ratusan itu. Akhirnya dia melakukan kesalahan dengan mengajak untuk menikahi putrinya sendiri,

Saturday, June 24, 2017

10 Tanda Ini Menandakan Jika Suami Anda Sama Sekali Tidak Menghargai Istri

Indera7.Com - Laki-laki dan perempuan dijodohkan untuk bisa membina keluarga baru dan menciptakan generasi berikutnya. Meski begitu, harus ada Kerjasama yang baik diantara mereka agar tercipta keluarga yang sakinah mawadah warohmah.



Namun kebanyakan terjadi, sang suami malah sok dan tidak mempedulikan istri, bahkan memandangnya rendah. Bukannya wanita juga seorang ibu yang sangat besar pengorbanan dan perjuangannya, terutama untuk anak-anaknya. Lalu jika mereka sudah dilakukan seenaknya oleh suaminya, itu berarti dia tidak dihargai oleh suami mereka. Apalagi melakukan 10 tindakan ini, seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.


1. Merasa Dirinya “laki-laki”
Merasa superior hanya karena dia laki-laki. Padahal tak seorang pun tahu akan lahir sebagai laki-laki atau perempuan. Yang itu artinya, siapa pun tidak berhak merasa sombong. Semuanya karena Allah.


2. Mampu Menafkahi tapi tidak mau memberi
“Hak-hak wanita atas kalian (para suami) ialah memberi nafkah, menyediakan sandang dengan cara yang baik,” (HR Abu Dawud).

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita karena Allah melebihkan sebagian mereka(laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka,” (Annisa: 34) .

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari apa yang telah Allah karuniakan kepadanya. Allah tidaklah memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang telah Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan,” (Ath-Thalaq: 7).

Kewajiban suami memberi nafkah keluarga sesuai kemampuan adalah wajib. Jika dalam kondisi pas-pasan saja laki-laki harus bertanggung jawab menafkahi keluarga, apalagi kalau berlebih. Maka, suami yang tidak mau memberi nafkah padahal mampu bukanlah suami yang menghargai istrinya lebih-lebih dirinya sendiri. Na’udzubillah.


3. Membandingkan istri dengan wanita lain atau mantannya
“Lihat tuh Dek, dia bisa menghasilkan uang meski cuma di rumah aja,” “Kamu kok enggak bisa seputih dia, sih,”

Bagi seorang istri yang perasaannya begitu halus kata-kata suami yang seperti itu adalah tamparan. Istri merasa tidak dihargai padahal sudah berusaha memberikan yang terbaik. Bila pun ingin memberi masukan ke istri seharusnya tidak perlu membawa nama-nama pihak ketiga.


4. Gak mau tau segala urusan, Apalagi urusan rumah
Suami dan istri adalah tim yang solid. Harusnya saling mengisi dan memahami, dan bukan bersikap bodo amat “pokoknya aku udah ngerjain tugasku, udah titik!”


5. Tidak menjaga diri dan hati
Foto-foto selfie berdua begitu akrab dengan wanita lain, balas-balasan pesan dengan menggunakan kata-kata mesra, bahkan sampai jalan bareng berdua dengan lawan jenis padahal enggak ada urusan apa-apa. Beberapa hal tersebut adalah contoh suami yang tidak bisa menjaga diri dan hati, tidak menghargai istri. Padahal, tidak hanya istri saja yang harusnya dituntut untuk menjaga diri, tapi juga suami.


6. galak dan ringan tangan pada istri padahal tidak pada orang lain
Padahal logikanya kalau dengan orang lain saja harus baik, apalagi dengan istri. Ya, kan?


7. Mengungkit-ungkit pemberiannya pada istri
“Kalau bukan karena aku …” “Coba kalau enggak nikah sama aku …” Padahal kesuksesan suami juga tidak terlepas dari doa istri. Pepatah mengatakan “behind a great man, there is a great woman,”

Dan lagi, semua hanya titipan. Kenapa sombong hanya karena diberi kesempatan lebih. Bagaimana jika kondisi beberapa tahun ke depan berbalik: suami bangkrut, istri berjaya. Apa sang suami enggak malu?

“Kepunyaan-Nyalah perbendaharaan langit dan bumi, Dia melapangkan rizki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya dan menyempitkannya, Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu,” (Asy- Syuura: 12)


8.  Tidak mau bekerja, pemalas, & membebankan semua urusan ke istri
“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil. Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla,” (HR. Ahmad)

“Sesungguhnya di antara dosa-dosa yang tidak dapat dihapus (ditebus) dengan pahala sholat, haji, dan sedekah namun hanya dapat ditebus dengan kesusahpayahan dalam mencari nafkah,” (HR. Athabrani).


9. Melakukan kekerasan fisik dan psikis
Dua hal ini jelas-jelas bisa berakibat fatal. Bila kekerasan fisik mungkin masih bisa segera hilang, namun tidak dengan psikis. Trauma luka akibat kekerasan psikis tidak bisa dengan mudah hilang dalam sekejap. Bahkan bisa berimbas ke anak.


10. Tidak membiarkan istrinya maju, meremehkan istri
“Bang, aku mau ikut kelas online ya?” “Emang kamu bisa?”.  “Mas kalau begini gimana?" “Udahlah, diem aja. Kamu tahu apa, sih,” Nah, gimana.  Selama yang dilakukan istri positif dan demi kebaikan keluarga, harusnya suami mendukung.

padahal seorang ibu kan dituntut untuk bisa mendidik anak-anaknya. Padahal selain mendapat ilmu, istri juga bisa mendapat uang tabahan sehingga bisa membantu finansial keluarga.

Ini PNS Cantik Sulawesi Utara yang Ramai Dibicarakan, Bisa Bikin Pegawai Pria Betah di Kantor

Indera7.Com - Apa nih yang terkenal dengan dari Sulawesi? Sepertinya seperti kebanyakan pulau lain yaitu banyak mempunyai wisata bahari yang eksotis. Karena itu banyak wisatawan lokal maupun internasional tertarik mengunjungi wilayah tersebut karena keindahan itu.



Bukan hanya itu, daerah Sulawesi juga dikenal memiliki banyak perempuan cantik lho. Mungkin hal yang satu ini juga sudah banyak diketahui oleh masyarakat secara umum ya.

Seperti perempuan yang baru-baru ini sedang ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial bernama Victorine Lengkong. Mengutip bombastis.com, perempuan yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu PNS cantik di daerah Sulawesi Utara. Sampai-sampai instagram pribadi Victorine pun sudah memiliki sekitar 75 ribu pengikut. Kita aja kalah nih kayaknya ya. Dan di bawah ini ada beberapa potret sang PNS cantik yang akan membolak-balikkan dunia para lelaki.

Ini nih si ibu cantik sedang duduk manis di kantornya



Victorine ini merupakan PNS yang bertugas di daerah Bitung, Sulawesi Utara


Kepiawaiannya mengantarkan Victorine menjadi Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan (TUP) Setda Kota Bitung



Victorine juga dikenal sebagai salah satu pegawai negeri yang kaya akan inovasi baru



Inilah gaya Victorine saat mengenakan pakaian adat daerah Sangihe



Baca Juga: Karena "Kegemukan", Tak Bisa Lakukan 'Hubungan Suami Istri'. Pasangan ini "Nekad" Lakukan Hal...

Anggun banget ya kalau sedang berdandan seperti ini, mirip vokalis Geisha nggak sih?



Style nya waktu di luar kantor juga modis abis, pantas lah follower nya banyak



Meski sibuk di kantor, wanita yang mengedepankan suasana kekeluargaan dalam bekerja ini juga rajin olahraga



Sangar banget nih si ibu waktu kerja bakti. Laper juga ya bu?



Widih widih, princess Syahrini mah lewaaaaat



Eksotisnya Victorine sewaktu berkunjung ke Lombok



Tuh kan, pantas saja lah kalau setiap foto yang diunggahnya di instagram dapat jumlah like sampai ribuan, lha wong orangnya cantik banget.

Ibu Victorine ini juga beberapa kali mengunggah hasil kinerja timnya di akun pribadinya tersebut. Selain itu, kalau sebentar lagi kalian kepo-in instagramnya, coba deh dengarkan suara saat beliau bernyanyi, dijamin bikin makin kagum deh.

Gimana ibu-ibu yang suaminya satu kantor sama wanita ini? Wkwkwkw....

Baru Sehari Dimakamkan, Remaja Hamil Ini Berteriak Minta Tolong, Keluarga Shock Menyaksikan Ini

Indera7.Com - Seorang remaja harus meregang nyawa saat dirinya tengah hamil 3 bulan. Tapi siapa sangka jika dirinya minta tolong sehari dinyatakan meninggal dan dikuburkan keluarganya. Mendengar itu, mereka langsung membongkar makam Neysi Perez (16).

Dikutip dari tribunnews, Salah satu kerabat yang berusaha mengeluarkan Neysi Perez menemukan bahwa kaca peti mati itu rusak dan jari-jari saudaranya itu memar.  Sayangnya setelah berbagai upaya dilakukan gadis itu tetap tidak selamat dan ia kembali dimakamkan di makam yang sama.




Neysi Perez asal La Endtrada, bagian barat Honduras yang tengah hamil tiga bulan dilaporkan jatuh tak sadarkan diri setelah terbangun malam hari untuk pergi ke toilet. Toilet itu berada di luar rumahnya. Dia diyakini terjatuh setelah mendengar suara ledakan tembakan. Hingga dia tak sadarkan diri dan mengeluarkan busa di mulutnya. Keluarga percaya putri mereka mengalami hal ini karena kerasukan roh jahat.


Kerabat Neysi Perez menceritakan bagaimana pemuka agama lokal berusaha mengeluarkan roh jahat keluar dari tubuh Neysi Perez. Wanita ini kemudian dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal setelah tiga jam tenaga medis coba menyelamatkannya. Hingga dirinyapun dimakamkan dengan baju pengantin yang ia pakai saat menikah.


Sehari setelah pemakamannya, sang suami Rudy Gonzales mengunjungi makam istrinya. Saat berkunjung ia mendengar suara benturan dan jeritan dari dalam makam beton tersebut. Dalam rekaman tampak keluarga berusaha sekuat tenaga untuk membongkar makam tersebut menggunakan palu besar lalu membuka peti mati untuk mengeluarkan Neysi Perez.


"Saya sangat terpukul dengan kepergiannya. Belahan jiwaku pergi begitu cepat. Saat mengunjungi makam, saya meletakkan tangan di pusaranya lalu kemudian mendengar suara. Saya mendengar suara istri saya menjerit minta tolong. Itu sehari setelah kami memakamkannya. Saya tidak bisa percaya itu," ujar Rudy Gonzales kepada televisi Primer Impacto.


Petugas pemakaman mengatakan ia juga mendengar suara-suara datang dari pemakaman. Namun ia meyakinkan dirinya bahwa suara itu berasal dari tempat lain. Ia tidak pernah membayangkan bawa ada seseorang yang hidup di dalam sana.



"Sore itu suami gadis tersebut datang dan memohon pada saya untuk mengeluarkan istrinya karena ia masih hidup. Dia histeris lalu semua keluarga datang dan menerobos ke pemakaman meneriakkan namanya," tuturnya.

Setelah berhasil dikeluarkan Neysi Perez kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat di San Pedro Sula. Meskipun petugas medis sudah berusaha untuk menyelamatkannya, gadis itu dinyatakan meninggal dan kembali dimakamkan di tempat yang sama. "Kami sudah melakukan berbagai rangkaian tes tapi gadis itu sudah meninggal. Mereka kemudian kembali membawanya dengan peti mati ke pemakaman," sebut Dr Claudia Lopez.

Dokter percaya Neysi Perez mungkin mengalami serangan panik yang cukup parah dan membuat aktivitas jantungnya berhenti sementara. Hipotesis lain adalah remaja itu mengalami serangan cataplexy. Dimana fungsi otot tiba-tiba berhenti. Biasanya dipicu karena stimulus emosional yang kuat seperti stres atau takut.

Ia mungkin kemudian meninggal karena kekurangan oksigen setelah terbangun di dalam peti mati yang tertutup. Carolina Perez, sepupu gadis itu mengatakan saat mengangkat tubuh saudaranya ia meletakkan tangannya di tubuh Neysi dan merasakan tubuh saudaranya itu masih hangat.

"Ada goresan di dahi dan jari-jarinya tampak memar. Ia seperti berusaha untuk keluar dari dalam peti dan melukai dirinya sendiri," cerita Carolina.

Ibu Neysi Perez, Maria Gutierrez percaya bahwa putrinya dikubur hidup-hidup dan menyalahkan petugas medis yang terlalu cepat menyatakan putrinya meninggal. "Dia tidak terlihat seperti meninggal. Bahkan sehari setelah dimakamkan tubuhnya masih normal. Mayatnya tidak mau dan ia tampak seperti tidur nyenyak. Tubuhnya masih fleksibel. Itu tidak mungkin jika ia sudah meninggal berjam-jam," sebutnya.

"Saya pikir kami akan mendapatkan anak kami kembali," sesalnya.

Sumber:wajibbaca.com

Hati-hati! Kita Selalu Melakukannya, Padahal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri

Indera7.Com - Ada berbagai persiapan dilakukan saat idul fitri tiba. Mulai dari mengecat rumah, beli baju baru atau membuat kue untuk datangnya lebaran. Apalagi sekarang, yang hanya tinggal menghitung hari untuk menuju hari raya idul Fitri.


Tujuan dari idul fitri adalah agar kita menjadi suci kembali layaknya bayi yang baru dilahirkan. Untuk itulah, Rasulullah SAW melarang untuk melakukan 5 hal ini.




1. Bersalaman dengan wanita bukan muhrim

Yang satu ini perlu anda ketahui. Bersentuhan dengan wanita yang bukan mahramnya jelas dilarang dalam Islam. Kendati pada saat hari raya sekali pun, seperti bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dilarang karena haram hukumnya.


2. Berpakaian menyerupai orang kafir

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka".

Maksudnya pada hari raya dilarang berpakaian seperti orang-orang kafir. Seperti memperlihatkan aurat, dan yang berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis. Saat Hari Raya Idul Fitri sebaiknya memakai pakaian yang bersih, menutupi aurat dan sopan.


3. Terlalu menghamburkan uang saat lebaran

Allah SWT berfirman, "Tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan". (QS Al Anam: 141).

Pada momen Lebaran jangan digunakan untuk berlebih-lebihan. Baik itu ketika makan atau pun belanja lainnya. Idul Fitri sebaiknya digunakan untuk mengucap syukur atas berkah Allah bahwa masih bisa dipertemukan dengan hari suci tersebut.


4. Berbondong-bondong ke kuburan

Ada beberapa orang yang memilih meninggalkan salat Ied demi ziarah ke kuburan. Hal itu tentu tidak diperkenankan dalam Islam. Pengkhususan ziarah kubur hanya dilakukan pada hari raya Ied sama adalah bidah.


5. Berhias diri dengan mencukur jenggot

Rasulullah SAW menganjurkan pria muslim untuk memelihara jenggot. Jadi bagi pria yang berjenggot hendaknya tidak mencukur saat Hari Raya Idul Fitri.

Semoga kita tidak melakukan 5 hal itu. terutama perhatikan betul apa yang ada pada poin 1.

4 Kebiasaan buruk ini bikin kulit wajahmu bermasalah, jangan ulangi

Indera7.Com - Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting, terlebih lagi untuk wanita. Tak heran perempuan sering melakukan perawatan dan membeli produk kecantikan dengan harga yang yang cukup mahal.



Namun ternyata, banyak wanita yang memiliki masalah pada kulit, entah itu jerawat atau masalah kulit yang lainnya. Bahayanya, banyak wanita yang tidak menyadari kebiasaan buruk itu sering dilakukan. Akibatnya timbul masalah pada kulit wajah.


Seperti dilansir brilio.net dari boldsky, Kamis (22/6), berikut kesalahan yang sering wanita lakukan tanpa disadari. Apa saja yah?


1. Salah metode membersihkan wajah.

Skin cleansing alias membersihkan kulit, penting untuk dilakukan setiap hari yakni di waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Namun, jika dilakukan dengan intensitas berlebihan. Alih-alih wajah menjadi bersih, kulit wajah malah akan menjadi kering dan kusam.


2. Mengoles sunscreen hanya di wajah.

Kebiasaan mengaplikasikan sunscreen memang baik dan harus dilakoni setiap hari, namun jika hanya dioleskan di wajah saja maka menjadi percuma. Banyak wanita yang kenyataannya, hanya mengoleskan sunscreen hanya di wajah. Padahal idealnya, area tubuh yang terkena paparan sinar matahari juga seharusnya diaplikasikan sunscreen.


3. Tidak mengganti sarung bantal secara berkala.

Mengganti sarung bantal memang harus diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Karena ketika tidur, wajah akan menempel ke sarung bantal dan menjadi tempat berkumpulnya sel-sel kulit mati, minyak, bakteri, dan krim malam yang ada di wajah. Maka dari itu, sebaiknya ganti sarung bantal secara rutin sekali dalam seminggu. Serta pilihlah sarung bantal dengan material bahan silk alias sutra.


4. Tidak mencuci alat make-up secara rutin. 

Banyak wanita yang tidak paham soal ini. Kuas atau brush make-up terkena kontak dengan kulit setiap hari, jika tidak dibersihkan secara rutin maka kuas make-up ini akan menjadi media tempat berkumpulnya sisa-sisa produk make-up, kotoran, kuman, bakteri, dan debu.


Maka dari itu, bersihkan kuas make-up secara rutin minimal dua kali dalam sebulan (idealnya dibersihkan setiap kali sesi make-up). Serta jangan tempatkan di meja rias yang gampang berdebu, sebaiknya tempatkan di dalam tas khusus atau tutupi dengan tisu agar debu tidak mudah melekat.


Nah sekarang sudah tahu kan kesalahan yang sering dilakukan wanita saat merawat wajah?

Sumber:brilio.net

Friday, June 23, 2017

3 Inspirasi Gaya Hijab Simpel Untuk Lebaran, Salah Satunya Hijab Tanpa Pentul yang Praktis



Indera7.Com - Gaya hijab saat Lebaran besok, tentu saja menjadi bagian penting dari penampilan wanita.

Biasanya, para wanita muslimah, baik yang sudah memutuskan untuk berhijab maupun tidak akan mengaplikasikan gaya hijab untuk tampilan yang lebih santun, terutama saat akan melaksanakan ibadah sholat ied.


Belakangan hadir model hijab yang sangat beragam, mulai dari hijab klasik sampai modifikasi hijab dengan turban.

Nah, untuk kamu yang ingin tampil istimewa di Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa menyimak inspirasi gaya hijab simple berikut ini:



Hijab without a pin

Buat kamu yang tak terbiasa dengan pentul atau jarum lainnya, kamu tetap bisa tampil cantik dengan hijab simple tanpa benda tersebut, kok!

Pastikan kamu memilih bahan hijab seperti katun agar tidak mudah jatuh dari kepala kemudian pilih gaya hijab model lilit dari jenis pashmina yang sebelumnya dilapisi dengan ciput ninja.



Chest covering hijab style

Sederhanakan tampilan hijab dengan mengaitkan sisi kiri atau kanan pada bagian belakang kepala, tampilan kamu pun menjadi sangat rapi.


Hijab with accessories

Buat kamu yang selalu ingin tampil on dengan pernak pernik koleksi, kamu bisa memadukan hijab polos kamu dengan aksesoris anting, kalung, ataupun bros. (grid.id)

MASYAALLAH, Akhirnya Gajah Mada Akhirnya Terungkap Berkat Bukti-bukti Ini

Indera7.Com - Mahapatih Gajah Mada dan Majapahit menjadi perbincangan hangat di media sosial belakangan berkat tulisan Arif Barata di situs portal-islam.id.

Bagaimana tak ramai dibicarakan, tulisan yang mengutip buku "Kasultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi" karya Herman Janutama itu menyatakan,Gajah Mada beragama Islam dan Majapahit pun merupakan kasultanan.



Reaksi atas tulisan itu beragam terapi umumnya mencibir dan menertawakan.
Meski demikian, banyak pihak yang mencibir sebenarnya juga tak bisa menunjukkan dasar argumennya.


Dalam diskusi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis (22/6/2017), arkeolog menuturkan bahwa jika tak memahami sejarah dan arkeologi, sangat mungkin masyarakat memiliki kesimpulan yang salah tentang Majapahit.

Arkeolog Universitas Indonesia, Hasan Djafar, mengatakan, artefak berbau Islam dari masa Majapahit memang banyak ditemukan.

Di Makam Troloyo, ada 100-an nisan dengan hiasan tulisan Arab. Nisan itu berasal dari masa 1203 - 1533 Masehi.

Artinya, ada sejumlah nisan yang berasal dari masa sebelum berdirinya Majapahit pada 1292.
Ini berbeda dengan pandangan umum yang menyatakan bahwa Islam baru muncul pada akhir kerajaan itu.

Eksistensi Islam sebelum Majapahit didukung oleh sejumlah catatan.
"Ada yang menyebutkan, tahun 1082, sudah ada masyarakat Islam di Gresik," kata Hasan.

Meski ada artefak berbau Islam, arkeolog tetap berkeyakinan bahwa kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah Samudera Pasai, bukan Majapahit.


Koin dengan tulisan Arab, nisan dengan kalimat syahadat tidak cukup menjadi bukti keislaman kerajaan yang berpusat di Trowulan itu.

"Majapahit tetap bercorak Hindu-Buddha, tecermin dalam peraturan perundang-undangan dan sistem teologinya. Saya tidak melihat benih-benih Islam sedikit pun," tegas Djafar.

Arkeolog dan penulis buku "Catuspatha: Arkeologi Majapahit", Agus Aris Munandar, mengungkapkan, keyakinan bahwa Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha didasarkan pada sumber-sumber arkeologi yang sebenarnya punya peringkat tersendiri.

"Sumber peringkat pertama atau yang paling bisa dipercaya adalah prasasti yang sezaman. Lalu prasasti yang terkait dengan prasasti sezaman itu," katanya.

Sumber pada peringkat berikutnya adalah data arkeologis berupa monumen, fitur, dan artefak bergerak.

Karya sastra yang sezaman dan yang lebih muda berada pada peringkat yang lebih rendah.
Hal lain yang bisa jadi sumber arkeologi adalah berita asing, legenda, mitos, dongeng, dan pendapat para ahli.

"Kalau ada artefak koin dengan tulisan Arab, itu tidak bisa langsung menghapus kekuatan sumber prasasti lalu dijadikan dasar mengatakan Majapahit kerajaan Islam," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menerangkan, identitas agama Gajah Mada dan Majapahit bisa dilihat dari prasasti dan hingga sistem pemerintahan.

Gelar raja, misalnya, sudah bisa menjadi bukti bahwa Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu-Buddha.

"Raden Wijaya bergelar Krtarajasa Djayawarddhana Anantawikramotunggadewa. Djayawardhana itu sudah jelas Hindu karena artinya keturunan Dewa Wisnu yang bertahta," jelas Agus.

Identitas agama Majapahit juga bisa dilihat dari konsep dewaraja. Setiap raja di Majapahit memiliki dewa pujaan pribadi.

Saat raja itu meninggal, dia diyakini akan bersatu dengan dewanya.
Candi yang dibuat pasca meninggalnya raja itu akan dihiasi oleh figur sang raja yang digambarkan sebagai dewa pujaannya.

"Contoh, Tribhuanottunggadewi itu memuja Dewi Parwati, maka setelah meninggal diwujudkan sebagai dewa itu," kata Agus.

"Nama pejabat tinggi dalam Majapahit juga menunjukkan corak Hindu dan Buddha. Misalnya, ada Dharmmadyaksa ring Kasaiwan dan Dharmmadyaksa ring Kasogatan. Kasogataan artinya Kebuddhaan. Tidak ada Dharmmadyaksa ring Muslimah atau lainnya," imbuh Agus.

Bukti lain ialah penataan kota Majapahit yang memperhatikan letak gunung yang dipercaya sebagai tempat suci dan corak prasasti.

Soal surya Majapahit yang diklaim menjadi bukti keislaman kerajaan itu, Agus menuturkan bahwa delapan sinar yang ada pada lambang itu sebenarnya adalah tanda arah mata angin.


Dalam kepercayaan Majapahit, tiap arah angin punya dewanya sendiri.
Sinar Majapahit menjadi ciri khas candi-candi peninggalan Majapahit di mana corak itu dijumpai pada batu sungkupnya.

Agama Gajah Mada sendiri dipercaya adalah Buddha. Bukti penguatnya adalah catatan kitab Negarakertagama yang menyebut bahwa setelah pensiun, dia dianugerahi tanah Kebuddhaan yang bernama Madakarupira. Lokasi tanah itu berada di selatan Pasuruan.

Menurut Agus, untuk menafsirkan identitas agama suatu kerajaan, peringkat sumber-sumber arkeologis perlu diperhatikan.

"Penulis (Kasultanan Majapahit) kemungkinan tidak mengerti pemeringkatan itu," katanya.
(Kompas.com/Yunanto Wiji Utomo)

Masyaallah! Ada Puluhan Pihak Diduga Terima Uang Suap e-KTP, Ada yang Anonim

Dikutip dari tribunnews.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi dalam sidang pembacaan surat tuntutan perkara dugaan korupsi KTP-e untuk terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (22/6/2017) menyebutkan ada upaya pengembalian uang dan aset dari para terduga penerima suap proyek e-KTP ke KPK.



Nilai total dana yang mereka kembalikan ke KPK mencapai Rp 236,930 miliar, 1.399.000 dolar AS, dan 368 dolar Singapura.

Kerugian negara terkait dugaan korupsi proyek ini mencapai Rp 2,3 triliun dari total dana senilai Rp 5,9 triliun.

Dalam surat tuntutan JPU, Jaksa juga sempat mengungkap, mantan anggota Komisi II DPR RI, Miryam S Haryani, yang kini menjadi tersangka kasus pemberian keterangan palsu selain menerima pemberian uang sebesar 1,2 juta dolar AS.

Miryam juga membagi-bagikan sebagian uang itu kepada seluruh anggota Komisi II DPR.


Siapa saja pihak ketiga yang diduga menerima dan kecipratan uang haram dari skandal korupsi proyek e-KTP ini? Berikut rinciannya yang kami kutip dari Antara:

1. Uang tunai Rp 83,1 juta yang tak disebutkan asalnya.

2. Uang tunai Rp184,144 miliar yang ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Konsorsium PNRI

3. Uang tunai Rp3 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Abraham Mose)

4. Uang tunai Rp1 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh supir pribadi Andra Yastrialsyah Agussalam bernama Endang)

5. Uang tunai Rp1 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Agus Iswanto)

6. Uang tunai Rp10,312 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh PT Quadra Solution)

7. Uang Rp3 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Meidy Layooari)

8. Uang Rp5 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Maman Budiman)

9. Uang Rp10 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Mahmud)

10. Uang Rp10 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Husni Fahmi)

11. Uang Rp1 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK)

12. Uang Rp170 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Rustinah)

13. Uang Rp3 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Mahmud Toha Siregar)

15. Uang Rp882,59 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Anang Sugiana Sudihardjo)

16. Uang Rp1 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Darman Mappangara)

17. Uang Rp100 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Sugiharto)

18. Uang Rp2 miliar (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Wahyuddin Bagenda)

19. Uang Rp4 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Toto Prasetyo)

20. Uang Rp20 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Joko Kartiko)

21. Uang Rp10 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh FX Garmaya Sabarling)

22. Uang Rp10 juta (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Drajat Wisnu Setyawan)

24. Uang 32.038 dolar AS (tak disebutkan asalnya)

25. Uang 354.829 dolar AS (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh PT Quadra Solution)

26. Uang 400 ribu dolar AS (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Rizky Syah Maulana)

27. Uang 500 ribu dolar AS (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Diah Anggraini)

28. Uang 36.546 dolar AS (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Anang Sugiana)

29. Uang 76.119 dolar AS (ditransfer ke rekening penampungan uang sitaan KPK oleh Aslinah untuk terdakwa Irman)

30. Uang 368 dolar Singapura (tak disebutkan asalnya)

31. Uang Rp1,334 miliar dari Anang Sugiana pada tahap penuntutan.

32. Satu unit mobil Honda Jazz, STNK, dan sebuah BPKP atas nama saudara Amsor (terkait Sugiharto)

Sumber:tribunnews.com

Dapen dan Asuransi Diimbau Tingkatkan Investasi ke Saham Sebesar 30 Persen


Indera7.Com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengimbau lembaga dana pensiun dan perusahaan asuransi untuk meningkatkan portofolio investasinya ke saham guna mengejar imbal hasil 10 persen lebih.


"‎Kalau ngejar 10 persen, dana pensiun dan asuransi menaruh ke deposito yang bunganya 5 persen sampai 6 persen maka tidak terkejar," ujar Tito di gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/6/2017).


Menurut Tito, lembaga dana pensiun saat ini menempatkan investasinya di saham baru sekitar 14 persen sampai 16 persen, sedangkan perusahaan asuransi sudah mencapai 20 persen.


"Jadi kalau mau imbal hasil 10 persen maka harus 30 persen ke saham (penempatan investasi ke saham)," tutur Tito.


‎Menurut Tito, tren bunga bank akan terus menurun seiring meningkatnya investasi masuk ke Tanah Air dan meningkatnya cadangan devisa, setelah lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) memberi peringkat Investment Grade ke Indonesia.


"Rating naik maka uang akan masuk (investasi) dan mendorong peningkatan cadangan devisa, sehingga bunga bank turun," paparnya.
Sumber:tribunnews.com